Sejarah Motor Cross

Motorcross
pertama kali muncul pada ujiciba kompetisi pada "Auto-Cycle Clubs" pada
tahun 1906 dan "Scottish Six Days Trial" pada tahun 1909. Awalnya
Motorcross hanya memakai suspensi yang keras ditahun 1930 kemudian
seiring usia di tahun 1950an mulai memakai suspensi belakang yang
berayun, dalam beberapa tahun pada sebagian besar crosser hanya memiliki
Motor Produksi lokal tetapi setelah Perang Dunia II mulai didominasi
oleh BSA yang telah menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia,
mulai saat itulah pengendara BSA mulai mendominasi kompetisi
internasional sepanjang tahun 1940an. Pada tahun 1952, FIM salah satu
badan internasional sepeda motor, membuat Kejuaraan Motorcross di Eropa
Kelas 500 cc.
Pada akhir
1960-an, perusahaan sepeda motor Jepang mulai menantang pabrik-pabrik
Eropa untuk supremasi di dunia motorcross. Suzuki memenangkan kejuaraan
dunia pertamanya untuk 250 cc dengan pengendaranya yang bernama Joel
Robert. Acara Motocross yang dilaksanakan di dalam sebuah Stadion
diadakan pertama kali pada tahun 1972 di Loss Angeles Collieum.
Jenis
mesin yang digunakan dalam motocross adalah mesin khusus atau biasa
disebut SE (Special Engine). Disebut khusus karena memang mesin ini
disetting sedemikian rupa untuk kompetisi motocross. Sebut aja setting
akselarasi yang ganas untuk meloncati dan melalui gundukan tanah atau
lumpur.
Selain
setting khusus, mesin dalam motocross juga dibagi dalam beberapa cc,
sesuai kompetisi yang diadakan. Mesin juga dibagi atas 2-tak dan 4-tak.
Untuk mesin 4-tak, rata-rata memakai silinder tunggal, dilengkapi liquid
cooled dan berkisar di 449cc.
sumber: http://danmogot.com/blog/artikel-35-sejarah-motorcross--motor-trail.html#.VmpIT162bIU
sumber: http://danmogot.com/blog/artikel-35-sejarah-motorcross--motor-trail.html#.VmpIT162bIU
Komentar
Posting Komentar